Pandemy dan Kejahatan

Adrian | Editor - Minggu, 24 Oktober 2021, 19:05 WIB

Prof ElfindriProf Elfindri/doc

Oleh : Elfindri Dir SDGs Unand

HARI ini saja saya diwawancarai wartawan. Temanya seputar maraknya perampokan CPO sedang dibawa oleh truk menuju ke pemuatan kapal di propinsi Riau. 

Kejadian marak, karena kejahatan di Riau berupa perampokan CPO tengah jalan tidak merupakan fenomena pertama. Namun sudah berulang.

Hari yang sama di Padang, di media sosial tepatnya hari lahirnya PBB, sebuah keluarga menjadi amukan perampok. Menggasak berbagai harta, uang dan kendaraan. Kejahatannya disertai pembunuhan kejam.

Dua fenomena sosial ini tentu fenomena berulang. Karena kejahatan perampokan tidak terjadi secara kebetulan.namun direncanakan.

Begitu rawankah daerah seperti Riau dan Sumbar sekarang?. Dikatakan tidak, buktinya kejahatan seperti ini masih ketemu. 

Akar masalahnya tentu perlu diungkap segera, dan modus serta modelnya bisa dipetakan. Jika tidak bergerak cepat secepat penangkapan teroris, bisa bisa kepercayaan masyarakat akan kinerja kepolisian akan semakin terpuruk.

Keterbukaan polisi dan dorongan masyarakat untuk siaga diperlukan. Masyarakat perlu berjaga jaga dan segera melaporkan kepada fihak berwajib. Fihak berwajib pun ambil serius dengan tidak pasif menuggu berita dari laporan masyarakat.

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi