Mahyeldi Siap Menjadi Penjaga Warisan Budaya

Adrian | Editor - Rabu, 29 September 2021, 21:47 WIB

Mahyeldi pastikan siap menjaga warisan budaya termasul rabab babiola.Mahyeldi pastikan siap menjaga warisan budaya termasul rabab babiola./kominfotik sumbar

FIXPADANG ---Tidak bisa dipungkiri, kebudayaan merupakan investasi masa depan dalam membangun peradaban dan karakter bangsa.

Untuk melestarikanya tidak cukup dilakukan para pelakunya semata. Dibutuhkan langkah strategis melalui upaya campur tangan pemerintah untuk pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan. 

Rabab Babiola adalah satu di antara kebudayaan di Minangkabau yang saat ini perlu perhatian pemerintah agar tidak hilang ditelan zaman.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Kebudayaan telah berhasil mencatatkan kesenian tradisi Rabab Babiola yang berkembang di Pesisir Selatan, Solok Selatan dan Padang Pariaman ini sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTbI) bersama 40 karya budaya Sumatera Barat lainnya. Rabab ditetapkan pada tahun 2015 dan Babiola pada tahun 2019.

Warisan ini tentu perlu dijaga. Perlu pendampingan -pendampingan hingga festival seni dan kegiatan kebudayaan lainnya. 

Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi punya cara unik untuk menjaga warisan itu. Rabab babiola akan diajak tampil di Kompleks Gubernuran Sumbar dalam acara-acara khusus.

“Seni musik tradisi rabab-babiola merupakan hasil kebudayaan yang jadi identitas kita, Minangkabau, Provinsi Sumatra Barat. Salah satu upaya agar hasil kebudayaan terus tumbuh dan berkembang ialah pelestarian. Saya minta, yang terbaik tampil pada acara ini saya undang untuk main rabab-babiola di Gubernuran, untuk warosam bidaya ini saya siap menjaganya," kata Buya Mahyeldi, di sela pembukaan kegiatan pertunjukan hasil pendampingan Rabab/Babiola di Kanagarian Sungai Liku Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan pada Minggu 26 September 2021.

Keinginan gubernur ini pun disambut gembira para perabab-pabiola. Terdapat Lima (5) kelompok Rabab-Babiola yang merupakan generasi muda yang ikut dalam kegiatan pendampingan tersebut. 

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi